Pengertian Bitcoin dan Cryptocurrency

Pengertian Bitcoin


Berdasarkan buku The Bitcoin Genesis, sejarah Bitcoin berawal pada bulan November 2008. Seseorang dengan nama pengguna Satoshi Nakamoto merilis sebuah makalah ke milis kriptografi. Makalah ini terdiri dari sembilan halaman dan diberi judul “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System”. Muncul kebingungan tentang pengertian Bitcoin dan bagaimana seharusnya digunakan. Setelah periode beta, program tersebut disempurnakan agar lebih mudah dipahami untuk digunakan. Pada tahun 2009, Bitcoin dirilis kepada komunitas internet dengan klaim dapat digunakan untuk membayar secara anonim.

Bitcoin dikenal sebagai jenis cryptocurrency karena menggunakan kriptografi untuk menjaganya tetap aman. Tidak ada bitcoin fisik, hanya saldo yang disimpan di buku besar publik yang dapat diakses oleh setiap orang secara transparan (meskipun setiap catatan dienkripsi). Dengan kata lain, bitcoin adalah mata uang digital yang dibuat dan disimpan secara digital. Karena bentuknya digital, bitcoin tidak memiliki wujud fisik layaknya mata uang resmi Negara. Tidak ada otoritas yang mengatur yang mengendalikannya. Meskipun tidak menjadi alat pembayaran yang sah di sebagian besar dunia, Bitcoin sangat populer dan telah memicu peluncuran ratusan mata uang kripto lainnya, yang secara kolektif disebut sebagai altcoin. Bitcoin biasa disingkat BTC saat diperdagangkan. Namun demikian, ada beberapa layanan yang menerima bitcoin sebagai alat pembayaran, salah satunya adalah PayPal. Bitcoin bahkan bisa digunakan untuk membeli mobil buatan Tesla Inc.

Dikutip dari laman Investopedia, Kamis (9/12/2021), bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi yang dibuat pada Januari 2009. Penemuan bitcoin adalah mengikuti gagasan yang ditetapkan dalam kertas putih oleh Satoshi Nakamoto (nama alias). Bitcoin menawarkan janji biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online tradisional. Tidak seperti mata uang yang dikeluarkan bank sentral, bitcoin adalah dioperasikan oleh otoritas yang terdesentralisasi. 

Pengertian Cryptocurrency


Di era digital seperti sekarang, menggunakan mata uang digital dalam berbagai transaksi virtual menjadi sesuatu yang lumrah. Bahkan, tidak sedikit orang yang menaruh minat investasi pada cryptocurrency. Meski investasi ini menghasilkan, tetap ada rambu-rambu yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli mata uang digital.

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dipakai untuk bertransaksi virtual dalam jaringan internet. Sandi-sandi rahasia yang cukup rumit berfungsi melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini. Berbeda dengan mata uang konvensional yang bersifat terpusat, mata uang digital justru bersifat desentralisasi. Tidak ada pihak yang hadir dan berperan sebagai perantara dalam suatu transaksi.

Pembayaran dengan mata uang digital berlangsung dari pengirim ke penerima atau peer-to-peer. Namun, seluruh transaksi yang dilakukan tersebut tetap dicatat dan dipantau dalam sistem jaringan cryptocurrency. Penambang cryptocurrency adalah mencatat transaksi ini dan memperoleh komisi berupa uang digital yang bisa dipakai.

Dikutip dari Investopedia, sistem perlindungan cyptocurrency atau uang kripto adalah menggunakan kriptografi sebagai jaminan. Kriptografi sendiri merupakan metode yang digunakan untuk melindungi informasi dan saluran komunikasi melalui penggunaan kode. Konsep kriptografi sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Perang Dunia II. Kala itu, Jerman memakai kriptografi guna mengirimkan kode-kode rahasia agar tidak mudah terbaca oleh pihak sekutu.  Penggunaan kriptografi tersebut membuat penggunaan mata uang kripto tidak bisa dimanipulasi. Artinya, transaksi mata uang kripto tidak bisa dipalsukan. Pencatatan dari cryptocurrency atau mata uang kripto adalah biasanya terpusat dalam sebuah sistem yang disebut dengan teknologi blockchain.



Baca juga berbagai Kumpulan Artikel Berita lainnya dari Warung Freelancer. kami juga menyediakan Jasa Penulisan Artikel bagi kamu yang yang ingin membuat artikel untuk website atau blogmu, hanya 100.000 / Artikel.

Jasa Favorit

Jasa Review Aplikasi di Play Store

Jasa Download Rating Dan Review Aplikasi di Play Store dengan kualitas terbaik, dilakukan secara manual oleh ribuan anggota warung freelancer

Jasa Review Google Maps ( Gmaps )

Jasa Rating dan Review Google Maps ( Gmaps ) dengan kualitas terbaik, dilakukan secara manual oleh ribuan anggota warung freelancer

Jasa Konten Instagram

Jasa Desain Konten Feed Instagram dengan kualitas terbaik, dilakukan oleh profesional dengan berbagai tool terbaru seperti canva, photoshop dan alat lainnya

Jasa Konten Video TikTok

Jasa Konten Video TikTok dengan kualitas terbaik, dilakukan oleh profesional dengan berbagai tool terbaru seperti canva, photoshop dan alat lainnya

Jasa Live TikTok Shop

Jasa Live TikTok Shop dilakukan oleh profesional dengan berbagai tool terbaru seperti camera dan good looking admin

Jasa Live Shopee

Jasa Live Shopee, dilakukan oleh profesional dengan berbagai tool terbaru seperti camera dan good looking admin

Jasa Kelola Tiktok

Jasa Kelola Tiktok Bisnis Bulanan dengan kualitas terbaik dan dilakukan olah seorang profesional

Jasa Kelola Instagram

Jasa Kelola Instagram Dengan Kualitas Terbaik dan bantuan profesional dalam mengelola dan mengoptimalkan akun Instagram Anda