7 Cara Mengelola Keuangan Sejak Dini
7 Cara Mengelola Keuangan Sejak Dini

7 Cara Mengelola Keuangan Sejak Dini

Sudahkah Anda mengelola keuangan dengan baik? 


Mengelola anggaran keuangan dalam rumah tangga itu sangat penting. Baik itu dalam lingkungan keluarga maupun dalam rumah tangga perusahaan. Menemukan cara terbaik dan sistematis dalam pengelolaan keuangan merupakan tugas bagi kita. 

Sebab jika sistem keuangan tidak tertata maka tidak menutup kemungkinan akan merugikan diri sendiri. Kita harus tahu cara mengatur hasil dari usaha yang didapatkan juga dana anggaran yang dikeluarkan. Jadi, mengetahui cara berinvestasi sebaiknya dimulai sejak dini. Bahkan sangat baik mengajarkan diri kita atau orang disekitar kita agar belajar menabung, berinvestasi dan menargetkan sesuatu. 

Keuntungan yang didapatkan pun jika kita membiasakan diri untuk menabung sangat banyak. Diantaranya kita dapat memenuhi impian dan memiliki kebiasaan berhemat dan menjadikan diri belajar menata pemikiran. 

Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk mempersiapkan diri demi masa depan dan memenuhi target yang diinginkan. Jika Anda salah satunya yang masih bingung dan tak tahu cara mengatur dana anggaran keuangan Anda. Beberapa tips berikut dalam mengelola keuangan sejak dini dapat membantu Anda :


Memiliki mindset menabung

Sebelum memulai apapun, yang terpenting  kita perlu memiliki mindset terlebih dahulu. Tanpa mindset yang benar bagaimana bisa kita menempatkan diri kita yang masih kebingungan harus melakukan apa dan bagaimana. Jadi, pemikiran yang terstruktur dan tertata serta pendirian yang kukuh itu diperlukan. Contohnya kita harus tahu dan memindset pemikiran dan otak kita tentang ilmu quadrant kiri dan kanan. 


Mengatur serta mengelola anggaran pemasukan dan pengeluaran

Jika telah mengetahui caranya akan sangat mudah mengatur dana kita. Pemasukan dan pengeluaran sebaiknya seimbang. Terkadang pada suatu waktu kita memiliki pemasukan yang berlebih dari sebelumnya begitupun sebaliknya. Apakah itu yang diperoleh dari dana tambahan pekerjaan sampingan atau lainnya. Satu hal yang perlu dipertimbangkan matang-matang yaitu menjaga pengeluaran agar tidak melebihi dari pemasukan. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. 


Mengajarkan anak menabung sejak kecil

Hal ini sangat perlu untuk diterapkan pada keluarga. Segala sesuatu yang dimulai sejak dini akan membentuk pola terstruktur dan tertanam dalam diri. 

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak belajar berhemat yaitu mendidik untuk menyisihkan uang jajannya, menabung di celengan, mengajak anak berjualan dan membuka rekening di bank atas namanya. Atau dengan membiarkan anak ikut berpartisipasi dalam kegiatan menabung di sekolahnya.


Mampu membedakan mana kebutuhan dan keinginan

Jika tak tahu cara membedakan hal di atas. Tentu akan mengalami kalang kabut jika setelah mendapatkan hasil belanja tidak terlalu penting dan bermanfaat bagi diri kita. Sebelum kita menyesal dalam mengeluarkan uang untuk hal yang sia-sia saja sebaiknya Anda berbelanja dalam porsi yang sewajarnya saja. Serta belilah barang yang sangat dibutuhkan dan merupakan prioritas penting untuk kehidupan kita sehari-hari atau kedepannya. Bukan dengan jika ingin ini atau itu maka harus dipenuhi. 


Tidak tertarik dengan diskon, promo atau tawaran yang menggiurkan

Hal ini sebenarnya merupakan hal yang perlu diwaspadai. Kata sebagian orang kaum perempuan dominan dengan diskon, promo atau trik penjualan yang menggiurkan lainnya. Terlebih bagi kalangan ibu-ibu (emak-emak; red) jika menemukan potongan-potongan harga yang besar biasa membuat lupa diri jika telah berbelanja dan tanpa sadar uang yang dikeluarkan tak terpantau lagi. 

Investasi dalam bentuk uang dan barang (emas, saham, perak, ethereum, berlian, permata, coin crypto (crypto currency), forex, deposito dan giro juga reksa dana.

Sebaiknya sebelum melakukan investasi kita wajib ketahui ilmu-ilmunya terlebih dahulu. Harus tahu apa perbedaan investasi dan menabung. Seperti halnya apa itu investasi saham, bagaimana cara trading, tips dan cara bermain bitcoin (BTC), bagaimana kondisi pergerakan pasar saham dunia. Bagi seseorang menjalani sebagian cara di atas sangatlah sulit. Apalagi tentang investasi trading. Banyak trik yang harus diketahui juga tentang instrumen-instrumennya. Jika ingin memulai berinvestasi mulailah dengan hal yang mudah dulu. Salah satunya membuka rekening atau deposito di bank. 


Lakukan diversifikasi (pembagian aset).

Apa itu diversifikasi. Mungkin Anda masih bingung maksudnya. Diversifikasi adalah salah satu istilah dan cara dalam investasi. 

Secara sederhana diversifikasi adalah pembagian aset yang akan kita tanam sebagai modal. Contohnya di satu tempat kita berinvestasi saham, dan lainnya kita menginvestasikan dana melalui investasi emas atau trading. Sebenarnya untuk saat ini NFT bisa juga dijadikan salah satu sarana berinvestasi.


Masih banyak cara dalam mengelola keuangan sejak dini yang dapat diterapkan dalam keseharian kita. Apapun itu jika dilakukan sejak awal dan dini akan membentuk karakter bagi kita. Mulailah menabung dan mengatur anggaran keuangan yah!.